Tentang Blog

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Berawal dari ketertarikan terhadap dunia blog yang saya temukan saat melanglang di dunia maya, lahirlah blog ini. Meski kemampuan terbilang pas-pasan, namun godaan kuat dari aura blog yang mempesonakan, tak urung membuat saya tergoda juga. ‘Ala kulli hal, dengan segala keterbatasan dan kekurangan itu, saya tekadkan untuk membuat blog sendiri. Ya, walaupun sederhana, cukuplah untuk mengobati dan memenuhi ketertarikan tersebut. 

Layaknya sindrom demam panggung, ada semacam kegagapan yang membayang saat awal kali membuat blog, yaitu bagaimana kita mengisi dan berkreasi dengan blog tersebut. Apalagi, kemampuan diri masih terbilang amatir, kalaupun bisa, ya hanya sekadar posting tulisan saja. Tetapi saya rasa hal itu sangatlah wajar dan alamiah. Bukankah kita bisa berlari, berawal saat dulu kita sering tertatih, kala menjadi bocah alit yang sering gagap saat mengatur posisi kaki. Dalih ini bukanlah bermaksud menyembunyikan ketidakmampuan diri, cuma harapan kepada anda agar memberikan sedikit ruang untuk bernafas. 

Blog ini bukanlah webportal yang secara khusus menyediakan beragam informasi tertentu kepada para peziarahnya. Blog ini hanyalah media wacana pembelajaran, lebih jauh sebagai wujud pengabdian terhadap dakwah dan ibadah. Saya berupaya mengisinya dengan berbagai hal yang bermanfaat, dan berupaya pula untuk memadukannya dengan pernak-pernik lainnya, yang saya pikir dapat memperkaya wawasan kita, menyuburkan kegemaran membaca dan berdiskusi. 

Blog ini seperti travel wisata yang bersedia mengantarkan kita bertamasya melihat panorama yang memukaukan. Meski demikian, blog ini bukanlah dolanan anak kecil untuk sekadar bermain-main. Blog ini diharapkan mampu menghibur bahkan memberikan kepuasan yang mencerahkan dan menjernihkan pikiran kita. 

Blog ini terbilang cukup variatif, dengan perpaduan rubrik/ kolom dari kategori yang beragam. Dalam pandangan saya, keragaman itu penting demi menjaga keseimbangan yang tak mungkin tercapai dalam nalar monomind. Keberagaman ini justru akan bermanfaat dalam memperkaya wawasan dan cakrawala pandang kita, dengan dunia yang penuh warna kehidupan yang tak sekadar hitam-putih. Dengan catatan, asal tetap dalam koridor jalan sejati Islam, dan tidak tergelincir ke dalam jurang liberalisasi yang membinasakan. 

Sekarang, izinkan saya sedikit menjelentrehkan tentang rubrik-rubrik dalam kategori yang terdapat di blog ini. 

Artikel Lepas berusaha menampilkan artikel-artikel bermutu yang ter-upload dari milis-milis terpercaya dalam sudut pandang yang saling bersinergi, untuk membangun visi pandang yang lebih baik terhadap Islam.   

Coretanku adalah tulisan bebas yang sengaja saya sertakan sebagai mediasi saya dalam mengejahwantahkan pikiran-pikiran yang terkadang bergerak acak tak terkendali. Intinya, adalah wadah untuk  mengikat gerak liar pikiran tersebut, sehingga pergerakannya akan lebih terkontrol dan terkendali dan tidak hilang begitu saja. Amat disayangkan, kalau sebuah ide bagus yang semestinya mampu untuk di tampilkan harus hilang begitu saja karena keteledoran atau kemalasan kita untuk mengabadikannya.   

Hikmah Kisah tujuannya adalah mengenalkan kisah-kisah Islami yang kaya akan hikmah, yaitu kisah yang bersumber pada sejarah perjuangan Islam yang agung dan terpercaya, yang bukan sekadar romantisme, apalagi dongeng untuk menina-bobokkan si kecil.  

Edutainment bertutur tentang berbagai hal yang berkenaan dengan dunia pendidikan, terobosan, trik dan kaidah-kaidah pendidikan Islam yang bersifat universal dan berjiwa robbany. 

Tokoh Kita menampilkan tokoh-tokoh terkemuka Islam yang telah mampu mengukir sejarah dengan kecermerlangan yang tak mudah dicapai atau mungkin disamai oleh generasi-generasi ba’dahu. 

Ruang Tabib sebuah ruang yang menampilkan kajian atau telaah khusus mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan dunia kesehatan dan pengobatan. Beserta tips, triks dan pola hidup yang diharapkan. 

Romansa ruang ekspresi untuk mengungkapkan luapan perasaan kasih sayang pada orang-orang terkasih di hati atau mereka yang patut dihormati dan dibanggakan. Sebuah persembahan yang tak seberapa, untuk mereka yang telah mampu memompakan spirit cinta kasih, dengan visi pengabdian yang tak mengenal batas ujung. 

Santriviews merupakan bentuk apresiasi kita terhadap para santri anak didik kita dengan segala kekurangan dan kelebihan yang mereka miliki. Pantauan sederhana untuk melihat sampai sejauh mana amanah pembelajaran itu berlangsung.  

Respekita adalah perbincangan seputar perjuangan dan pengabdian dari para wirakarya kita yang telah mengabdikan dirinya secara tulus-ikhlas tanpa beban dan mampu menjalankan amanah secara baik tanpa merasa terpaksa atau terbebani. Salam hormat paling dalam untuk mereka yang telah berhasil mengabdikan dirinya secara baik dan bermartabat. 

I’tibar perenungan kecil tentang peristiwa-peristiwa penting yang terabadikan dalam khazanah keilmuan Islam, yang dimaksudkan untuk membangkitkan nalar emosional kita dalam membangun personal power (Syakhshiyah Islamiyah) yang lebih baik. 

Wira Wiri menampilkan beragam informasi dari berbagai belahan dunia baik lokal maupun internasional, isyu-isyu terkini atau terdahulu yang berkemanfaatan. 

Selamat menikmati menu-menu terdaftar yang terdapat di blog ini.Semoga sajian-sajian yang telah saya hidangkan dapat memenuhi selera spiritual dan memuaskan dahaga intelektual anda, walau hanya sesaat. 

Selebihnya, Kalau masih banyak terdapat kekurangan, maaf sajalah, maklum namanya juga masih belajar. Ibarat tak ada gading yang tak retak, seperti itulah blog ini. Semoga kita mampu mengambil pelajaran.

Wallahu a’lam bish showaab.  

Khalid Wahyudin @September 2007 

Iklan

5 thoughts on “Tentang Blog

  1. Alhamdulillah..mudah-mudahan kita dapat manfaat dari web ini..Amin !

    Alhamdulillah, mudah-mudahan begitu Bang Rasyid!

  2. Pak Moderator, boleh kita bincang2 soal2 keagamaan, perubatan traditional, dan apa jua tajuk bertentangan hal -hal ilmu dunia dan akhirat..tetapi priority saya adalah lebih pada akhirat…Amin…

    tersanjung rasanya saya saat nih dapat kenalan dari saudara di seberang. Ape kabar? Bagi saya dunia jadi bekal tuk mendapat kejayaan saat kelak lita menghadapNya. Keduanya sama penting. Namun, kejayaan di akherat tetap segala-galanya. saya seuju pendapat antum asal kita tak lena dengan dunia kita. Insyaallah, lain kali ketemu lagi!

  3. Ass. pak ustad. saya mau tanya tentang kitab Hasyiyatut tuhfa karangan ibnu hajar al Haitamy. apakah kitab tersebut masih diterbitkan atau tidak?kalau diterbitkan, saya mau beli dimana? sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih. Wass.!

    Antoni from Palembang

  4. assalamualaikum……kami ingin memperoleh informasi dari pondok amstilati? bagaimana program-program yang ada di sana dan kapan dibukanya pendaftaran?
    bagaimana tentang waktu pembelajaran yang ada di sana apakah ditentukan atau tergantung kita? terimakasih atas perhatiannya …..wassalamualaikum…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s