MENJAWAB TANTANGAN

Kolom Kecil Sekadar Uneg-Uneg

SMKN 1 PagerwojoAkhirnya, SMK 1 Pagerwojo (Super) menjawab tantangan kecil yang sempat saya lontarkan dalam tulisan di blog ini, beberapa waktu lalu. Kamis (22/10/09) ada undangan yang singgah di sekolah. Isinya mengundang kepala sekolah dan staf (baca guru tinkom) untuk hadir dalam pertemuan sosialisasi penggunaan internet. Hadir dalam pertemuan tersebut semua kepala sekolah, kecuali kasek SMPN 2 Pagerwojo, yang berhalangan hadir karena kepentingan dinas yang lain. Kebetulan, saya hadir dalam pertemuan itu, mewakili kasek.

Saat tiba di tempat, semua tamu undangan di arahkan menuju ruang multi media SMK Super. Saya hadir agak terlambat dari jadwal yang diagendakan, karena masih ada jam mengajar yang tak dapat saya tinggalkan. Meski demikian, saya masih bisa mengikuti sosialisasi program yang disampaikan oleh pihak Indosat, yang juga hadir dalam pertemuan ini. Saya tak dapat mengikuti presentasi yang disampaikan oleh pihak provider dari Tricahya, yang tampil lebih awal. Saya pun belum dapat menyimpulkan kira-kira penawaran kerjasama macam apa yang diajukan oleh pihak SMK Super. Pada mulanya saya bingung dan sedikit gelisah. Namun, kegelisahan saya terjawab sudah saat kita diundang untuk menghadap kasek SMK 1 Pagerwojo, di ruangannya.

Ajuan Kerjasama

Dalam ruang kerja kasek SMK Super yang sederhana tapi nyaman, kita mendapatkankan poin-poin penting tentang maksud dari pertemuan ini. Pihak dari Tricahya, Mas Titis, memberikan penjelasan panjang lebar tentang pemanfaatan serta pentingnya internet bagi sekolah. Beberapa poin penting itu diantaranya adalah bagaimana sekolah-sekolah di kawasan Pagerwojo –sementara ini difokuskan SMP–bisa mendapatkan pelayanan internet yang murah terjangkau.

”Karena itulah kami mengajak Bapak-Bapak urun rembug. Untuk pemanfaatan layanan internet ini, kita kan bisa kerjasama,” jelas Drs. Rofiq, M.Pd, Kasek SMK Super. ”Untuk pembiayaannya kita bisa urunan bareng-bareng,” lanjutnya menambahkan. Para kepala sekolah dan staf yang hadir di ruangan itu pun tampak mengangguk setuju.

Namun, karena pertemuan ini hanya sekadar soasialisasi, sementara belum ada kesepakatan. Para kepala sekolah pun mengagendakan pertemuan lanjutan untuk membahas hal ini lebih detail. Entah kapan pertemuan itu akan kembali digagas, saya tak tahu. Namun, saya berharap agar pertemuan itu secepatnya akan terlaksana, ”lebih cepat lebih baik”.


Sebuah Harapan

Ada hal menarik yang disampaikan oleh Mas Titis dari Tricahya, saat mengungkapkan harapan-harapannya. Dalam salah satu alinea pembicaraannya, ia menyatakan bahwa ada semacam dendam kecil dalam hatinya. Berkaca pada pengalaman beberapa tahun yang  lalu, ia sempat mengadakan kerjasama dengan sekolah-sekolah di kota dalam layanan internet. Bahkan perusahaannya memberikan penawaran yang sangat menarik, yaitu layanan gratis penggunaan internet selama dua tahun. Ia berharap bahwa layanan ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi, ia sangat kecewa karena apa yang ia harapkan sangat jauh dari kenyataan.

Dilandasi oleh rasa kecewa dan ”dendam kecil” ini, ia mulai membidik sekolah-sekolah di kawasan yang jauh dari kota. Sekolah-sekolah yang terletak di kawasan Pagerwojo, ia pandang tepat untuk melampiaskan ”dendamnya” itu. Ia berkeinginan kuat meraih kesuksesan dalam memasyarakatkan internet di kawasan ini. Paling tidak, ia berharap dapat ”mensejajarkan” sekolah-sekolah gunung dengan sekolah-sekolah lain di kota dalam pemanfaatan internet. Sudahkah dendam itu terlampiaskan?

Harapan mulia ini, walaupun lahir dari dendam kecil, semoga benar-benar mampu menggerakkan roda-roda perubahan pada sekolah-sekolah di kawasan Pagerwojo. Layanan internet benar-benar akan membawa berkah bukan malah bencana. Berkah yang sangat diharapkan itu adalah terciptanya pola pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Sehingga dengan ini, mutu pendidikan sekolah-sekolah di kawasan pagerwojo dapat tumbuhkembang dengan baik.  Mudah-mudahan saja!. (Dien)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s