HOT SPOT SMK SUPER

LOGO SMK SuperKemarin (Rabu, 14/10/09) selepas menyelesaikan tugas mengajar di SMP 2 Pagerwojo (selanjutnya disebut SMP Dewo, biar akrab saja), saya sempatkan mampir ke SMK Super (Sebutan dari SMK Satu Pagerwojo). Sebelumnya memang sudah saya niatkan untuk sambang ke SMK kebanggaan masyarakat Pagerwojo ini. Kebetulan, sahabat karib saya, Maryanto, S.Pd, tugas dinas di SMK ini.  Kuda hitam milik saya pun, saya tambatkan di parkiran depan yang luas. Saya sms Pak Mar (Panggilannya), saya tanyakan ia ada dimana. Tak seberapa  lama kemudian, ia membalas bahwa ia berada di ruang satu. Saya lalu bergegas ke ruang satu sesuai infonya. Sebelum itu, karena tak tahu dimana letak ruang satu, saya bertanya ke salah satu siswa SMK. Siswa itu mengarahkan jari telunjuknya ke salah satu bangunan yang terletak di bagian terendah dari seluruh bangunan yang ada di SMK tersebut.  

Sayangnya, setelah sampai di ruang satu, Pak Mar tak kelihatan batang hidungnya. Waduh, dimana Pak Mar, saya agak gusar dan mulai celingak-celinguk sendiri. Saya sms lagi, dan ia pun mengatakan masih berada di kantor. Ada segudang pekerjaan yang saat itu sedang ia kerjakan. Saya lalu balik badan mengarahkan langkah ke kantor SMK. Di beranda kantor yang nyaman itu, Pak Mar sudah menunggu.

Papan Nama SMK SuperKita pun asyik terlibat dalam perbincangan tentang suatu hal. Di celah perbincangan yang mengalir itu, saya bertanya, “Gimana hot spotya sudah bisa digunakan?”. “Nah, itu sedang diperbaiki,” jawabnya sambil menunjuk ke arah teknisi yang sedang sibuk memeriksa kabel interkoneksi, yang ditengarai bermasalah. Sehingga beberapa waktu lamanya hot spot di area ini belum bisa digunakan. “Mudah-mudahan setelah ini lancar terus,” harap Pak Mar. Mudah-mudahan saja.

Mencoba Hot Spot

Hot Spot SMK SuperPerbaikan interkoneksi yang dilakukan oleh kru dari Tricahya, salah satu internet provider yang cukup ternama di Tulungagung, berjalan sukses. Saya adalah orang pertama yang berhasil mencobanya. Acer Aspire 4736 yang saat itu saya gunakan tampak nyaman dengan beberapa aplikasi yang ada. “Wah, lumayan cepat, ya!” ujar saya. Salah seorang rekan guru di samping saya mengangguk setuju. “Kalau begini caranya, kita bakal kerasan dan betah tinggal di sekolah seharian,” seloroh mereka.

Sayangnya, pada Kamis (15/10) siang sekitar jam 12-an, saat saya mencoba kembali mengakses di sebuah warung makan yang terletak di sebelah SMK Super, loadingnya agak lambat tak seperti kemarin. “Wah, ada apa ya! Kok, tumben lambat!,” gerutu saya membatin. Saat itu, saya bersama dengan teman sejawat dari SMP Dewo, Gendut, S.Pd. Sambil menanti loading yang berjalan agak lambat, Pak Gendut memesan makanan dan minuman. Namun, loadingnya pun tetap tak beranjak lebih cepat.

Gejala ini sepertinya umum terjadi. Kebanyakan saya menemukan kendala yang sama saat akses internet pada jam-jam ini di beberapa warnet di seputar kota Tulungagung. Rata-rata aksesnya tidak stabil. Boleh dibilang kondisi ini seperti penyakit kambuhan. Kadang begitu nyaman dan lancar, lain saat tersendat-sendat. Lepas dari semua itu, kita patut acungkan jempol untuk SMK Super atas terobosannya membangun jaringan internet sebagai media pembelajaran. Sempat pula terpikir, andai saja kesempatan ini rata dimiliki semua sekolah di Pagerwojo, wow alangkah baiknya. Maka sudah sepatutnya SMK Super mau menjadi motor penggerak dalam hal ini. Bagaimana SMK Super? kita nantikan kiprahmu.


Pulang…

Karena hari sudah siang, kita pun segera berkemas meninggalkan warung nasi tempat kita menikmati layanan hot spot gratisan dari SMK Super. Apalagi, hari ini ada beberapa tugas dan kewajiban yang harus diselesaikan. Saat itu, Pak Gendut menawarkan kepada saya untuk mampir ke rumahnya yang berada di seberang gunung. Saya mengangguk setuju. Jadilah kita berangkat bersama ke rumahnya, sekalian saya nunut menunaikan Shalat Dluhur di rumah Wakasek Kesiswaan SMP Dewo itu.

Usai menunaikan Shalat Dluhur, kita berdua kembali bersama-sama turun menuju Kauman. Kebetulan juga saat itu Pak Gendut harus mengantarkan putrinya les di Kalangbret. Setelah sampai di perempatan Cuwiri, kita berpisah. Pak Gendut belok kanan menuju ke Kalangbret. Saya melaju lurus menuju arah kota Tulungagung.

Pengalaman mencicipi layanan hot spot di SMK Super meninggalkan segudang kesan positif yang mendalam. Dengan bercanda sempat saya tanyakan pada Pak Mar, ”Kalau orang di luar civitas SMK Super, boleh nggak menikmati layanan ini terus menerus jika dibutuhkan?”. Jawabnya, ”Boleh-boleh saja, asal tetap pakai seragam. Tapi, ingat jangan bilang2 ini dari saya. Saya takut nanti kena mosi tidak percaya,” katanya pelan setengah berbisik. Ha…ha….ada-ada saja. (Dien)

One thought on “HOT SPOT SMK SUPER

  1. alhamdulillah……walo kembat-kembut loadingnya,tp dah ada…tp pngenya ya yg cpt,biar bs ngebut….
    salam bwt smpn dewo….mg2 segera menyusul….amien

Tinggalkan Balasan

