Ustadz Niam & Maktabah As-Syamilah

Panduan Maktabah SyamilahJumat (25/9) pagi-pagi sekali, saya bergegas ke Ma’had Ibnu Mas’ud. Melalui sms yang saya terima, Ustadz Niam mengizinkan saya meminjam CD program “Maktabah As-Syamilah” miliknya plus buku panduannya. Pengasuh Ma’had Ibnu Mas’ud yang hafidz Qur’an ini, meminjamkan CD program tersebut setelah saya memintanya melalui sms. Walau program ini tergolong cukup lama, namun saya belum memilikinya. Ada beberapa teman yang sebelumnya menjanjikan program ini. Tapi urung, gara-gara kesibukan yang tak tertahankan. Karenanya, saya teringat dengan teman dan juga guru saya, Ustadz Niam. Ya, saya ingat dulu ia pernah mengatakan kalau ia memiliki versi terbaru dari program ini. Kemudian, iseng saja saya coba men-sms-nya. Selang beberapa saat setelah itu, ia pun membalasnya.

Maktabah As-Syamilah adalah program perpustakaan digital menampung sekitar 5505 kitab yang terdiri lebih dari 20.000 jilid (Versi yang saya terima). Wajar saja dengan muatan yang sedemikian besar, program ini membutuhkan ruang lapang dalam hardisk sebesar 13,4 Giga Byte. Konfigurasi minimal yang direkomendasikan adalah komputer pentium II, memory 128 MB dengan OS Windows 98 Arabic, Windows ME atau XP Arabic.

Program ini disediakan secara cuma-cuma dan tak ada larangan bagi siapa saja yang menggunakannya demi kepentingan Islam. Nilai praktisnya adalah program ini mampu meringkas ribuan kitab hanya dalam satu keping CD saja. Selama ini kitab-kitab rujukan dengan bahasa Arab hanya bisa dibaca melalui tulisan di atas kertas, yang harganya terkadang mahal. Tak hanya itu, perawatan kitab-kitab tersebut juga membutuhkan perhatian khusus. Cukup merepotkan bagi sebagian kalangan yang punya aktivitas tinggi dan tak memiliki banyak waktu. Program ini dapat diunduh langsung secara gratis dari situs resminya: http://www.shamela.ws. Saya kurang tahu, apakah sekarang sudah muncul varian terbarunya.

Yang jelas, keberadaan program ini banyak membantu siapa saja yang membutuhkan kajian referensi kitab-kitab Islam serta mereka yang ingin mendalami ajaran-ajaran Islam dari sumber aslinya. Karenanya, sungguh tidaklah berlebihan jika kita menjurahkan tangan dan melafadkan bergiga terima kasih kepada ia yang telah mendedikasikan hidupnya dengan mempersembahkan program yang begitu bermanfaat ini. Sebuah ketulusan yang patut dijadikan teladan bagi siapa saja. Semoga Allah selalu memberikan keberkahan dalam kehidupannya. Amin. (Dien)

2 thoughts on “Ustadz Niam & Maktabah As-Syamilah

  1. Hi, as you can see this is my first post here.
    Hope to receive some help from you if I will have any quesitons.
    Thanks and good luck everyone!😉

Tinggalkan Balasan

