Silaturrahmi dan Halal Bi Halal Keluarga Besar Woko Oetomo

WK 003Sudah menjadi budaya masyarakat muslim Indonesia, menyelenggarakan hajat tahunan, yang akrab disebut “Halal Bi Halal”. Acara ini menjadi semacam ajang silaturrahmi antar keluarga, yang dekat ataupun jauh. Kata halal bi halal sendiri, sebenarnya tak memiliki akar yang jelas dalam terminologi Arab. Ada yang berpendapat kata “Istihlal” lebih tepat digunakan daripada “Halal Bi Halal”. Karena kata istihlal, lebih bisa dipertanggungjawabkan secara kaidah kebahasaan ketimbang halal bi halal. Namun, karena sudah lumrah disebut dan populer, maka kata ini seakan menjadi kata tersendiri yang unik dan khas bagi masyarakat kita. Yang penting maksud dan tujuan mulia dari kegiatan ini tercapai. Dalam makna yang khusus, yakni terjalinnya silaturahmi (hubungan pertalian darah) yang senantiasa kekal antar keluarga dan sesama.
WK 006Silaturrahmi dan Halal Bi Halal Keluarga Besar Woko Oetomo, kali ini diselenggarakan pada Sabtu kemarin (26/9/09) di rumah Bapak Mahsun (Putera ke dua dari Bu Panijah dan Saidi (alm), putri mBah Woko (alm) dari isteri mBah Mir’atun (almh)) yang terletak di Desa Buntaran, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung. Lebih dari seratus orang hadir dalam acara tahunan ini. Acaranya sendiri dimulai pada jam 10.00 WIB dan berakhir sekitar jam 12.30 WIB. Diawali dengan sambutan ketua panitia, H. Sugianto, dan beberapa sambutan dari tuan rumah dan sesepuh. Lalu diteruskan dengan ritual tahlilan dan ditutup dengan tausiah yang disampaikan oleh ustadz setempat.

WalWK 002au tergolong sederhana, namun acara ini cukup memberikan ruang keakraban antar sesama kerabat. Acara ini menjadi wadah untuk saling memperkenalkan sanak keluarga dari wangsa Woko Oetomo. Karena merupakan budaya baik, maka hajatan inipun perlu untuk terus dilanggengkan. Tahun depan, sesuai dengan kesepakatan keluarga, acara ini akan dilaksanakan di Rumah Bapak Mujib (Putera ke tiga dari Bu Kaniyah dan Mukair (alm), putri mBah Woko (alm) dengan mBah Mir’atun (almh)) yang terletak di Dusun Puser, Desa Sumberdadap, Kecamatan Pucanglaban.

Acara silaturrahmi dan reuni keluarga mbah Woko Oetomo ini telah terselenggara sebanyak delapan kali pertemuan. Terhitung sejak pertama kali diadakan di rumah Bapak Sujiwan, Tenggur, Rejotangan sampai sekarang yang diadakan di rumah Bapak Mahsun, Buntaran, Rejotangan. Keterangan lengkapnya sebagai berikut:

No

Tuan Rumah

Alamat

Tahun

1

Bp.Sujiwan Desa Tenggur, Rejotangan

2002

2

Bp. H. Makhrus Kediri

2003

3

Bu Kaniyah Desa Buntaran, Rejotangan

2004

4

Bu Misrini Desa Pulosari, Ngunut

2005

5

Bp. H. Sugianto Pasir, junjung, Sb.gempol

2006

6

Bp. Anggit Desa Buntaran, Rejotangan

2007

7

Bp. Fadloli Desa Pulosari, Ngunut

2008

8

Bp. Mahsun Desa Buntaran, Rejotangan

2009

Sayangnya, walau kegiatan ini sudah berlangsung sebanyak delapan kali, namun buku panduan yang semestinya berisi silsilah dan keterangan lengkap mengenai masing-masing keluarga keturunan dari mBah Woko Oetomo belum juga berhasil diwujudkan. Mudah-mudahan saja tahun depan keinginan tersebut bisa terwujud. (Dien)

Lihat Foto Halal Bi Halal lainnya, di bawah berikut:

(Klik Gambar Untuk Melihat Tampilan Lebih Besar)



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s