Sekilas Perjalanan: Mendaki Puncak Pagerwojo

Beranda DepanPerjalanan menuju SMP Negeri 2 Pagerwojo menawarkan banyak pesona keindahan. Panorama yang hijau dan sejuk sepanjang perjalanan, menjadi suguhan menarik bagi para pengendara. Di kiri dan kanan, tampak sawah-sawah dengan terasering yang tertata rapi. Berjajar tanaman tebu yang tumbuh menjulang dengan bunga-bunganya yang putih memberikan pesona hujan salju. Barisan pohon jati di tepi hutan semakin menambah asyiknya perjalanan. Akses jalannya pun tergolong mudah dan tak banyak menimbulkan kesulitan. Walau harus diakui ada beberapa tikungan yang harus diwaspadai dan membutuhkan kehati-hatian ekstra. Jalan beraspal yang tergelar hingga puncak dan pelosoknya, layak untuk dipuji. Memang tak sepenuhnya baik, ada beberapa ruas jalan yang sepertinya agak mengganggu dan membutuhkan perhatian lebih. Namun, kerusakan jalan itu prosentasenya kira-kira tak lebih dari 20 prosen saja. Dalam hal ini, tak salah kalau kita memberikan apresiasi yang sangat baik kepada pemerintah daerah.

Di puncak ketinggian kawasan pegunungan Argo Wilis inilah terletak SMP Negeri 2 Pagerwojo. Tepatnya, di Desa Kradinan, Kecamatan Pagerwojo, sekitar 30 kilo arah barat kota Tulungagung. Berdiri di tengah kawasan yang diperkirakan seluas lebih kurang satu hektar. Sekolah ini telah memiliki gedung yang cukup memadai. Terdiri dari 6 lokal gedung yang diperuntukan bagi kelas 7, 8 dan 9. Lalu satu lokal gedung untuk perpustakaan, satu lokal untuk laboratorium IPA, berikut satu lokal lagi yang terbagi menjadi 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang  tata usaha, 1 ruang guru, 1 ruang laboratorium komputer dan 1 ruang pantry. Selain itu, juga tersedia beberapa kamar mandi dan WC yang bisa digunakan, meski ada diantaranya yang masih membutuhkan pembenahan.

Menurut kisah awal berdirinya, keberadaan SMP Negeri 2 Pagerwojo, sejatinya merupakan hasil dari program pemekaran dari SMP Negeri 1 Pagerwojo yang telah hadir terlebih dulu. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pemerataan pendidikan di wilayah ini. Melalui kerjasama yang baik antara kepala desa dan dinas terkait, proyek pembangunan sekolah ini pun akhirnya terlaksana.

Berdasarkan tarikhnya, sekolah ini berdiri sejak tahun 1995. Kepala sekolah yang memimpin pertama kali adalah Drs. Soenaryo Goenadi. Dari masa ke masa yang memimpin sekolah ini adalah:
Drs. Soenarjo Goenadi  (1994 – 1999)
Drs. Mijoto Isworo (1999 – 2002)
Drs. Adji Purwanto, M.M. (2002 – 2006)
Drs. Mujiono, M.M. (Sekitar dua bulan pada 2006  )
Drs. Yon Wedriono, M.M. (2006 – 2009)
Drs. Mashadi, M.Pd (2009 – Sekarang)

Sebelum gedung sekolah rampung dikerjakan, sementara waktu kegiatan belajar mengajar diadakan dengan meminjam gedung madrasah ibtidaiyah yang ada di Desa Pagerwojo, saat itu. Setahun setelah berlangsungnya pembelajaran itu, gedung sekolah yang sedang dibangun itupun telah siap ditempati.

Keberhasilan membangun gedung sekolah ini, tak bisa dilepaskan dari peran serta kepala desa Kradinan, waktu itu, Eko Sujarwo. Konon, sebelum ada rencana pembangunan sekolah, beredar kabar kalau kawasan ini akan dibangun vila-vila peristirahatan. Namun, dengan tegas kepala desa menolak rencana ini. Dalam pandangan Eko Sujarwo, membangun sekolah jauh lebih bermanfaat dari sekadar membangun vila peristirahatan dengan dalih pariwisata. Karena pembangunan sekolah, menurutnya, adalah sumbangsih teramat besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka, tidaklah berlebihan jika mengabadikan namanya sebagai orang yang paling berjasa.

Meski letaknya di pegunungan, namun SMP Negeri Pagerwojo tak mau ketinggalan dengan sekolah lain dibidang IT. Segala hal mengenai agenda kegiatan di sekolah ini dapat diketahui secara online. Sekolah ini telah memiliki blog, meski sederhana tapi cukup menarik ketimbang sekolah kota yang megah namun memiliki blog yang tak pernah dirawat. Terkadang bahkan hanya berisi say hello atau kata ”selamat datang di blog sekolah kami”. Melalui blognya, yang sementara ini masih menggunakan hosting gratisan yang disediakan oleh wordpress, SMPN 2 Pagerwojo ingin menebarkan semangat juangnya yang tak pernah padam dalam meraih prestasi terbaik di dunia pendidikan.

Potret sekolah dengan suasana wisata alam, barangkali layak disematkan pada sekolah gunung ini. Ada kemungkinan, kelak ini akan menjadi tawaran yang menarik pagi para pelajar. Apalagi, kalau suatu saat juga disediakan asrama bagi mereka. Bisa saja ini akan menjadi alternatif tersendiri untuk menempuh pendidikan menengah pertama bagi para pelajar di kota. Kegiatan belajar di alam sekitar sekolah menjadi muatan lokal yang patut diperhitungkan. Kiranya sekolah ini menawarkan program pendidikan dengan suasana yang sedikit berbeda. Letaknya yang berada di ketinggian merupakan keunggulan tersendiri, dimana ruang pembelajaran alamiah tersedia di seputarnya. Dengan pengelolahan yang lebih serius, ke depan sekolah ini dapat menjadi sekolah yang menghadirkan studi dan rekreasi pada saat yang sama. Dalam khazanah pendidikan modern, kondisi seperti itulah yang benar-benar diharapkan dimasa yang akan datang. Wallahu a’lam. (Dien, dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s