Alcomedia 96,3 FM On Air

Akhirnya radio yang ditunggu cukup lama itu muncul. Kehadiran radio ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan suasana belajar yang lebih variatif dan multi dimensi. Rencananya, beberapa program acara yang digagas semuanya mengacu pada pendidikan dengan segala pernak-perniknya. Beberapa persiapan sebelumnya telah dilakukan termasuk diantaranya adalah pendirian tower radio setinggi 34 meter, yang lokasinya tepat di tengah-tengah SMP Al Azhaar. Ada cerita cukup menarik tentang tower radio yang berhasil diangkut dari kota Blitar ini. Tower ini dibeli dari sebuah perusahaan perkebunan yang ada di kota tersebut. Awalnya tower ini difungsikan sebagai alat komunikasi. Namun, setelah pihak manajemen menganggapnya sudah tidak efektif lagi, tower ini pun lalu dijual. Harganya terbilang cukup murah. Karena sebelumnya kita menjelaskan kalau ini akan digunakan untuk media pendidikan.

Untuk software radio digunakan “Direttore Radio Automation 1.0.0” menggantikan Raduga yang lazim digunakan oleh banyak stasiun radio di Tulungagung, utamanya radio komunitas. Sempat juga menggunakan Virtual DJ Studio 5.3 yang cukup sederhana namun handal. Alasan mengapa menggunakan Direttore, Eko Suprapto, anggota tim kreatif, menjelaskan Direttore digunakan karena melihat bahwa software ini lebih menarik dan mudah digunakan. Kedengarannya sangat subyektif, maklum saja karena hal ini berkaitan dengan persoalan pilihan. Siapa pun berhak untuk memilih yang terbaik bagi dirinya.

Untuk sementara Alcomedia on air mulai jam 5 pagi sampai 16.00 WIB bersamaan dengan kepulangan para santri. Wahyudin, manager program yang juga mantan penyiar sebuah radio FM religi di Surabaya, mengungkapkan bahwa sementara waktu radio ini masih memutar lagu-lagu yang bernuansa religi plus beberapa insert recording, seperti kisah hikmah, hadist, murottal Al Qur’an, serta rekaman pengajian beberapa Kyai, termasuk diantaranya KH. Ihya Ulumuddin dan Zainuddin MZ. Lalu kapan bisa siaran normal, lelaki tinggi besar ini menjelaskan bahwa ia masih menanti sampai kualitas audio yang dihasilkan stabil dan tak berubah-ubah.

Menanggapi hal ini, Nurdin Wahyudi, sekretaris LPI Al Azhaar yang ditunjuk untuk membidani kelahiran radio ini mengungkapkan bahwa memang masih ada banyak hal yang harus dibenahi. Diantaranya adalah kelayakan mixer dan perangkat siar lainnya seperti microphone, headphone, mic standing, ruang kedap suara dan lain-lain. Semua itu, menurut lelaki bercambang ini, memang masih akan diupayakan agar sesegera mungkin bisa diwujudkan. Dalam hal ini, lelaki kalem dan halus perkataannya ini juga memberitakan akan membuka pintu selebar-lebarnya bagi hadirnya para donatur yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan untuk turut memberikan sumbangsihnya.

Rencananya, program acara yang nantinya akan diusung meliputi pawarta dan musik, talk show, dialog interaktif, relay siaran langsung dan ragam kreativitas santri. Khusus pawarta direncanakan bahwa acara ini akan mengupas berita-berita terkini via internet on-line. Sebagai gambaran, acara ini akan mengadopsi berita-berita penting dari situs kantor berita seperti Antara, Detik com, BBC Indonesia, Republika, Jawa Pos dan situs-situs berita lainnya.

Selain itu, beberapa program diantaranya akan memanfaatkan insert recording. Yaitu sebuah program acara yang sudah di rekam terlebih dulu. Insert recording ini kebanyakan memuat materi tentang istilah atau tip dan trik khusus mata pelajaran yang ada, seperti Bahasa Indonesia, Inggris, Boso Bowo, teknologi dan banyak lagi. Durasi waktu yang diberikan tidak lebih dari sepuluh menit yang diselingi dengan lagu-lagu menarik. Hal ini sengaja dilakukan agar siaran ini tidak terkesan monoton dan membosankan. Semoga saja radio ini akan memberikan banyak manfaat bagi siapa saja yang mendengarnya. Amin. (al-azhar.com)

2 thoughts on “Alcomedia 96,3 FM On Air

  1. surprise…seneng bgt mndngrnya,bgaimnpun kcerdasan bg pnddikan mjd sgt kruisal,trlebih bg Sdm2 islam,biar Islam tdk smkn dpinggrkan.sy tau siapa mr.wahyudin dan dtnganx kreatifitas yg smart,fresh mjd snjata ampuh Alco uk maju.bravo Alco&slam hngat jg uk all crew.

    Alhamdulillah, ada penyiar Ampel Denta yang mampir kemari. Wah, makasih banget Bang Adi. Semoga harapannya jadi kenyataan. Slam juga utk semua kru dan temen2 abdi yang lain. Yarhamukallahu fii umurika!

  2. Sebelumnya mohon maaf utk semuanya aq mau kasih masukan utk radio ampel denta yang aq dengar radio ampel denta itu banyak yg suka cuma sayangnya sering trabel terutama suaranya gak jelas, saran saya alangkah baik nya kalau di adakan perbaikan supaya lebih jelas suaranya bisa di terima dg baik oleh pendenar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s