10.000 Jutawan Muslim Bantu Ekonomi Inggris

Pejabat tinggi pemerintah Inggris mengaku, para jutawan Muslim ikut berperan penyumbang besar ekonomi Inggris. Tapi kaum Muslim masih belum bisa bebas

Hidayatullah.com–Sekretaris Negara (Sesneg) Kerajaan Inggris, Jacqui Smith mengakui adanya sumbangan berharga sekitar dua juta kaum Muslim dalam setiap aspek kehidupan di Inggris.

Pernyataan ini disampaikan Jasqui Smith Selasa, 8 April kemarin kepada Koran Daily Mail.

“Diperkriakan ada sekitar 10.000 jutawan Muslim di Britania,” katanya kepada Dewan Sastra Nasional Pakistan.

“Masyarakat Muslim secara keseluruhan diperkirakan telah menyumbang 31 milyar poundsterling pertahun terhadap ekonomi Inggris.”

Image“… 16 juta dinyatakan dalam sensus tahun 2001, dan bahwa gambaran sekarang bisa diatas 2 juta,” ujar Smith. Ini berarti kaum Muslim sekarang telah sampai hampir 33 persen dari total populasi penduduk Inggris .

Minoritas multi-ethnic Muslim sebagian besar berasal dari Pakistan, Bengali dan berlatar belakang India.

Pemerintah memperkirakan jumlah orang Muslim naik sampai 400.000 sejak tahun 2001, dan ada penambahan lebih dari 50.000 orang setiap tahun.

“Islam adalah satu dari banyak agama yang dipraktekkan di masyarakat Inggris,” ujar Smith.

“Setelah Kristen, Islam adalah agama terbesar di Inggris.”

Jacqui Smith mengatakan bahwa kaum Muslim membuat sumbangan-sumbangan yang berharga kepada masyarakat mereka, tidak hanya secara ekonomis.

Dia catat bahwa sumbangan-sumbangan seperti itu sudah memperluas kepada hampir semua pekerjaan sehari-hari di Inggris.

Kaum Muslim juga dianggap ikut memainkan peran penting dan aktif di masyarakat Inggris. Dalam politik, dari parlemen sampai pemerintah daerah, di angkatan bersenjata, menjaga ketertiban masyarakat, sastra dan olahraga. “Dan tentu saja di bisnis,” ujar Smith.

“Kami bangga tinggal di Negara dengan bermacam perbedaan seperti itu.”

Selain itu, ujar Smith, setidaknya, ada dua Muslim ikut dalam pemerintah Perdana Menteri Gordon Brown.

ImageShahid Malik, Juni lalu duduk dalam kementerian bagian perkembangan international. Ada juga Sadiq Khan, anggota parlemen Inggris dari partai buruh yang duduk dalam kementerian perundang-undangan.

Saat ini ada 220 anggota dewan lokal di Britania yang ikut terlibat dalam pembuatan undang-unang, empat diantaranya kaum Muslim.

Polling Koran Guardian terbaru menunjukkan 91 persen dari kaum Muslim Inggris “setia” kepada pemerintah, 80 persen ingin hidup dengan dan menerima masyarakat Barat.

Meski diakui keberadaannya di Inggris, namun beberapa hal, kaum Muslim masih saja menerima perlakuan agak diskriminatif. Usaha-usaha menekan perkembangan kaum Muslim masih ada.

Baru-baru ini, seorang pemimpin agama Kristen melontarkan pernyataan yang bisa merenggangkan hubungan Islam-Kristen. Kali ini pernyataan dilontarkan Alison Ruoff, seorang pemuka agama Kristen yang menjadi anggota Sinode Umum, badan yang mengatur gereja di Inggris. Ia menyerukan larangan pembangunan masjid baru karena khawatir bila lingkungan di sekitar masjid akan menjadi komunitas Islami. [cha, berbagai sumber/www.hidayatullah.com

Iklan

One thought on “10.000 Jutawan Muslim Bantu Ekonomi Inggris

  1. alhamdulillh, semoga seorang muslim bisa menjadi panutan di manapun ia berada. Apabila tentang berita atu artikel maupun data lainnya tolong informasikan ke saya. karena ini menjadi bagian bahan penelitian saya dalam skripsi.terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s