Istihlal Mengeratkan Tali Silaturrahim

Sabtu, 27 Oktober lalu, SD Islam Al Azhaar, Tulungagung menggelar acara “Istihlal atau Halal bi Halal.” Acara ini diselengggarakan sebagai wujud dari kesadaran akan pentingnya silaturrahim. Bertempat di bawah tenda di lapangan SD Islam Al Azhaar, acara istihlal ini berjalan mengalir apa adanya, penuh dengan keakraban dan persahabatan. Acara ini berlangsung diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran oleh Sinta, santriwati kelas IV, dengan saritilawah, Widya, santri kelas V, SD Islam Al Azhaar.

Meski terbilang sederhana, tetapi acara ini cukup memberikan hiburan tersendiri bagi para hadirin, yaitu dengan penampilan paduan suara “Generasi Robbani” asuhan Ustadz Hery Sutrisno, S.Sn., yang menyanyikan beberapa lagu-lagu religi yang sangat populer di masyarakat, saat ini, seperti selamat hari lebaran, sepohon kayu, jagalah hati, malam seribu bulan, sholawat jawa, dan lain-lain.

Terlebih lagi, acara ini juga diisi dengan ceramah menarik dari mubaligh cilik, Insyiroh, yang masih duduk di bangku kelas 1 SD Islam Al Azhaar. Tema ceramah yang di sampaikan oleh gadis mungil ini adalah lebaran sebagai moment penting mengeratkan tali silaturrahim. Dengan gaya yang menarik dan lucu, putri dari Bapak Thohir, yang tinggal di Puri Permata, Botoran, Tulungagung ini, menyampaikan ceramahnya dengan sangat baik dan lancar. Insyiroh adalah juara 1 komucil, yang diselenggarakan oleh LPI Al Azhaar, dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan 1427 H tahun lalu, bekerjasama dengan Radio Perkasa FM Tulungagung.

Ditengah-tengah acara diselingi dengan penyerahan penghargaan bintang silaturrahim kepada para santri yang paling banyak melakukan kunjungan kepada para asatidz. Penghargaan bintang silaturrahim ini, jatuh kepada Ayu Maghfirah, kelas V. Diharapkan dengan penghargaan ini, para santri akan semakin memahami akan pentingnya silaturrahim.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Ust Minhajun Niam, dengan mengambil tema spirit ukhuwah islamiyah meningkatkan nilai keimanan. Dalam tausiahnya tersebut, Ustadz muda pengasuh Ma’had Ibnu Mas’ud, Tulungagung ini, mengupas tentang pentingnya silaturahim bagi pemberdayaan potensi diri, terutama santri kepada para gurunya.

Alhamdulillah, acara ini berlangsung dengan sukses dan tanpa kendala yang berarti. Ini di buktikan dari antusiasme para walisantri yang menghadirinya, tercatat sedikitnya sekitar 500 orang, tampak hadir. Turut hadir dalam perhelatan ini, perwakilan dari Yayasan Al Azhaar, H. Rokhani, yang ikut memberikan sambutannya, beserta Bapak Ja’far al Ghodimah dan rekan lainnya. Dari LPI Al Azhaar diwakili oleh Ustadz Nurdin Wahyudi dan Ibu Nursiami, bendahara LPI. Sangat disayangkan, Direktur LPI Al Azhaar, H. Imam Mawardi berhalangan hadir, karena pada saat yang sama beliau sedang menghadiri musyawarah kerja di Semarang. Ustadz Yudi Erwanto, ketua panitia acara ini mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk melanggengkan ikatan tali silaturrahim yang baik diantara para asatidz dan walisantri. Terlebih lagi, untuk meningkatkan kualitas hubungan yang saling memahami dan menghargai, demi keberlangsungan pendidikan yang lebih baik di masa mendatang.

Acara ini ditutup dengan doa yang dilafadzkan oleh Bapak Ja’far al Ghodimah, dari Yayasan Al Azhaar Tulungagung. Tepat jam 11 siang acara ini, selesai diselenggarakan. Terlihat lega dan sumringah raut muka para panitia, alhamdulillah, bar acarane kari beres-berese. Ya, capek deh!

Khalid Wahyudin, Oktober 2007.

One thought on “Istihlal Mengeratkan Tali Silaturrahim

  1. To: Teman2 Qu

    alhamdulillah, kami menindak lanjuti informasi yg telah disampaikan melalui pesan singkat SMS kpd kami sekeluarga dg menelusuri blogger SDI Al Azhaar.

    Kami sangat mendukung acara tersebut untuk bisa silaturrahim kembali setelah lama tdk bersua.

    From: Ida Rodiyani (Magetan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s