Tips Mahir Berbahasa Inggris

Mukaddimah

Beberapa hari lalu, saya sempat mampir di kediaman Bapak Agus Ariadi. Ada urusan tertentu yang menjadi keperluan saya. Di rumah sederhana namun asri dengan pohon mangga yang kelihatan masih tegar dan kokoh itu, saya singgah walau sebentar. Berbincang sedikit tentang beberapa hal, kemudian pamit karena waktu keburu sore. Pak Agus memberikan 2 CD copy KKI kepada saya dengan majjaanan (gratis tanpa bayar). Sebelumnya saya memang berkeinginan untuk meminjam, namun beliau mengcopykannya untuk saya, katanya ‘biar nggak susah-susah mengembalikan.’ Alhamdulillah, terima kasih banyak, semoga membawa manfaat dan barokah.

Selain itu, beliau juga memberikan selembar kertas HVS putih yang ternyata adalah tulisan beliau tentang sesuatu hal yang menarik. Hal menarik apakah itu? Anda penasaran?

Nah, ternyata selembar kertas itu berisi tentang tips asyik belajar Bahasa Inggris dengan 5 M. Apaan tuh? 5 M yang dimaksud adalah mau membaca, mau menulis, mau mengucapkan, mau mendengarkan, dan mau menyanyi.

Mengingat bahwa perkara yang baik mesti digetuk-tularkan, maka dengan berbunga hati saya copy-pastekan disini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin sekali belajar Bahasa Inggris, terutama  bagi para santri yang sangat mendambakan dapat ber-cas cis cus dalam Bahasa Inggris. Berikut ini adalah tulisan beliau yang saya posting di blog ini, tanpa ada reserve sedikitpun. Selamat membaca!

TIPS ASYIK BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN METODE 5 M

Oleh: Agus Ariadi, S.Pd., Guru SMP 1 Kedungwaru, Tulungagung

Masih ingat sejak kapan anda mengenal Bahasa Inggris? Sebagian ada yang sejak SD atau sejak SMP bagi anda yang lahir sebelum tahun 90-an. Terus benarkah bahwa sebagian besar kita tidak menyukai pelajaran tersebut atau bahkan membencinya dengan berbagai alasan? Gurunya galak, materinya terlalu banyak, kosakatanya sulit dimengerti, tatabahasanya ruwet, dan lain sebagainya. Pokoknya Bahasa Inggris bikin streslah.

Ternyata banyak hal yang kita benci adalah sesuatu yang sangat berguna untuk kehidupan. Kita tidak suka pahitnya obat padahal sangat kita butuhkan untuk kesehatan kita. Pelajaran Bahasa Inggris yang kita benci adalah resep manjur untuk kemajuan komunikasi global, perluasan pergaulan, dan IPTEK, betul nggak? Nikmatnya menguasai Bahasa Internasional yang satu ini membuat para presenter, politisi, mahasiswa, eksekutif, eksportir, VJ, jurnalis, diplomat, da’i, penyanyi, kolumnis, dosen, sopir taxi menjadi anggota masyarakat global yang membawa kemajuan dan kemudahan.

Tips asyik belajar Bahasa Inggris

Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Kalau dulu benci, mengapa  sekarang tidak belajar untuk menyukai? Kalau anda sudah mulai menyukai, berarti terbuka lebar jalan untuk menguasainya. Nah, untuk itu anda butuh menyimak dan mengikuti tips-tips bagaimana menguasai Bahasa Inggris dengan metode 5 M yang menyenangkan berikut ini:

    1. Mau membaca

Bacalah semua yang tertulis dalam Bahasa Inggris yang anda temui di lingkungan anda sehari-hari, dan berusahalah untuk mengetahui artinya. Mulai dari buku, koran, majalah, komik, brosur leaflet, kaos oblong, bungkus permen, kemasan produk sampai label CD. Sering-sering lihat kamus kalau belum tahu arti kata. Kalau ini anda lakukan pasti dalam waktu singkat anda akan segera menjadi OKBI (Orang Kaya Bahas Inggris)

    2. Mau menulis

Ubahlah kebiasaan anda menulis. Jadikan segala bentuk tulisan yang anda butuhkan menjadi berbahasa Inggris. Mulai dari daftar belanja hari ini, daftar pelajaran, SMS, buku harian, memo, surat pribadi (kalau yang disurati belum mengerti sertai terjemahannya). Memang berat, tapi kalau anda lakukan step by step tentu tidak akan berakibat ”step”.

3. Mau mengucapkan

Kalau ingin bisa renang, ya, terjun ke kolam. Kalau ingin bisa ngomong Bahasa Inggris, ya, bicara. Untuk latihan ucapan kata, lihat transkripsi kata per kata yang anda pelajari di kamus. Kemudian berlatihlah untuk mengucapkan dengan keras. Gunakan semua kata Bahasa Inggris yang sudah anda kuasai untuk berbicara dan bercakap-cakap. Biarkan saja, kalau ada orang lain yang berkomentar kalau anda ngomongnya sedikit-sedikit Bahasa Inggris. Pakai Bahasa Inggris kok sedikit-sedikit. Yang banyak dong!

    4. Mau mendengarkan

Untuk mengoreksi ucapan, intonasi dan menambah koleksi kata, buatlah jadual khusus untuk mendengarkan semua sumber audio atau visual yang berbahasa inggris. Siaran radio di gelombang SW1, SW2 dari BBC London, VOA, Radio Australia dll. Berita-berita dan acara berbahasa Inggris di televisi. Pokoknya cermati dan dengarkan. Mengerti atau tidak itu urusan belakangan. Semakin sering anda lakukan, akan terasa bahwa kepekaan anda meningkat, prosentase pemahaman kontek akan bertambah dan rekening listrik membengkak. Tak apa kan? Toh, masih lebih murah daripada repot-repot kursus.

    5. Mau menyanyi

Belajar Bahasa Inggris tidak harus selalu mengerutkan dahi. Menekuk-nekuk lidah sambil menyanyi pun boleh. Apalagi lagunya lagu kenangan so pasti bikin happy. Kuasai satu teks lagu, ketahui ucapan kata per katanya, pahami maksudnya, dan nyanyikan setiap saat setiap ada waktu, sampai hafal di luar kepala. Siapa tahu selain Bahasa Inggrisnya menjadi lebih fasih dan lancar, bisa juga tergali sebuah bakat yang terpendam ribuan kilo di perut bumi. He…he…he…

Selamat mencoba belajar Bahasa Inggris dengan metode 5 M yang terbilang mudah, murah, dan hasilnya memuaskan. Dengan catatan, asal mau mempratekkan.[AA]

Khalid Wahyudin, Oktober 2007

35 thoughts on “Tips Mahir Berbahasa Inggris

  1. Yup… Apa yg d tulis dlm artikel td mmang bnar krn smuany persis dg yg saya alami sejak SMP dlu. Alhmdulillah skrang saya sdh lncr brbhasa inggrs. Coz “English without practice is nothing”

  2. thnks yach…setelah dibaca disimak dan dicermati ternyata dengan jurus 5M asik juga tuh. Akan aku coba mudah-mudahan bereaksi jurusnya,”amin”.

  3. wah… kayanya gue jadi asyik nih belajar b. inggris. moga za kalo gue dah pinter tar ga bingung lagi kalo liat film matrix kesayangan gue. jadi ga perlu liat teks di bawah itu lo…

  4. saya umur 24 thn,tp sampai skrg saya tdk bisa bhs inggris dgn bnr.rasa nya sulit bgt saya ucapkan n gak tau artinya,saya malu dgn dri saya sndri.tlg beri saya jwbannya gmn lancar bhs inggris n mengenal nya trims

  5. thanks for 5M-nya. jd, kpingin cb. meski gk pinter2 amat bhs.ing tp lmyn di 5M itu ada bbrp kriteria yg prnh ak cb slama ini. thanks skali lg. 🙂

  6. ass,saya mahasiswa di salah satu universitas di sumsel tapi bukan jurusan bahasa inggris,walupun bgitu tapi aku suka n hoby bngeyz ma bhs inggris,menurt bp gimana caranya tips2 agar kita+yakin n pd kalau kita pasti bisa bha inggris walaupan bukan jurusan nya,sekian n trim’s ya pak

  7. Menarik neh infonya, tambahan lagi, buat yang hobi ngeblog, bikin lah postingan bahasa inggris, khan lumayan buat belajar, sejelek jeleknya bahasa inggrus yang kamu pake, orang barat biasanya sih ngerti maksud nya,

  8. aku udah school dr sd ampe kuliah semestr 3
    knp msh bingung dng bhs inggris
    ku merasa sulit banget
    tapi ku coba tuk asyik
    hasilnya yyyy gini2 j

    gmn donk

  9. makasih pak…tips-nya sangat membangkitkan selera untuk mempelajari bahasa inggris…
    G’ ada kata terlambat kan pak….

  10. saya harap apa yang telah ditulis disini itu berkhasiat untuk saya???? karena selama ini saya ga bisa berbicara bahasa ingris???? saya malu dengan teman – teman saya yang rata” pintar??? sya tkt diledeki ketika saya mau berbicara bahasa inggris

  11. wah…….
    semua sama banget sama yang aku lakukan
    tapi untuk cara ke-4 aku jarang paling dengerin lagu bahasa inggris……

    tap memang cara nya T.O.P BANGEDTTT

    THANKS

  12. Ping-balik: Tips Berbahasa Inggris « Abdul Hadi

Tinggalkan Balasan

